Header Ads






Tiga Hari BBM Putus Total di Bengkalis

Laporan EVI SURYATI, Bengkalis

Sejak tiga hari belakangan pasokan bahan bakar minyak (BBM) mulai dari premium, solar hingga pertamax menghilang total dari pasaran.

Ribuan pemilik kendaraan bermotor hanya bisa gigit jari untuk mendapatkan BBM, karena kekosongan terjadi tidak hanya di APMS, tetapi juga hampir di seluruh pengecer.

Pantauan langsung di sejumlah tempat di Kota Bengkalis hingga Kecamatan Bantan pada Rabu (2/1), warga mulai panik mendapatkan BBM khususnya premium dan pertamax.

Mayoritas warga di Pulau Bengkalis sangat bergantung pada BBM untuk menjalankan aktivitas sehari-hari mereka, terutama sepeda motor yang menjadi transportasi utama masyarakat.

Para pengecer mulai dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Antara, Gatot Subroto, Kelapapati, Damon hingga Air Putih di Kota Bengkalis tak ada satupun yang menjual BBM.

Sementara APMS yang ada, yaitu APMS Nurwati, Sunari, BUMD PT BLJ juga pasokan BBM sudah kosong total. Sementara itu informasi dari kecamatan Bantan, hal serupa juga terjadi karena tidak adanya masuk stok BBM.

‘’Kita sejak tiga hari ini kesulitan mencari premium. Mungkin karena libur tahun baru, pendistribusian BBM ke Pulau Bengkalis terhenti, sementara kita sangat membutuhkan premium untuk sepeda motor,’’ tutur Taufik, warga Kota Bengkalis Rabu (2/1).

Hal serupa dialami Dewi Emelinda, seorang ibu rumah tangga yang terpaksa mengurungkan niatnya berbelanja ke pasar karena sepeda motornya kehabisan premium. Ia berharap agar APMS maupun Pertamina melakukan penambahan kuota BBM ke Pulau Bengkalis.

‘’Aduh kok stok BBM yang masuk ke Bengkalis ini selalu pas-pasan. Setiap ada libur kalender merah, stok BBM selalu putus. Saya terpaksa gak jadi ke belanja ke pasar karena minyak motor kehabisan premium,’’ keluh Dewi, warga Wonosari Timur ini.

Menyikapi hal tersebut, Kadisperindag melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri Alfakhrurrazy yang ditanya soal kelangkaan BBM membenarkan kejadian itu. Menurutnya hal itu terjadi karena masa liburan akhir tahun serta menyambut tahun baru, karena ada masa libur pengiriman BBM ke pulau Bengkalis.

Disampaikannya, bahwa pada tanggal 31 Desember lalu telah masuk pasokan BBM khusus premium sebanyak 2 tangki yaitu 10 ribu liter. Tetapi begitu pasokan datang, warga menyerbut pembelian BBM, sehingga keesokan harinya stok BBM habis di pasaran.

Direncanakan, BBM akan kembali stabil dalam pekan ini, karena mulai Rabu (2/1) pasokan akan dikirim tiap hari dari depot Pertamina Pekanbaru.

‘’Mulai hari ini (kemarin, red) pasokan BBM akan masuk setiap hari ke Pulau Bengkalis melalui jalur darat, kecuali hari Ahad libur. Hari ini direncanakan sebanyak 6 tangki BBM atau sekitar 30 ribu liter akan datang. Namun diyakini jumlah tersebut belum mampu menutupi kebutuhan masyarakat sekaligus,’’ papar Razy.

Ditanya kapan pendistribusian BBM bakal lancar kembali, Razy tidak berani memastikan. Ia hanya meyakinkan bahwa dalam dua atau tiga hari ke depan, pasokan BBM akan stabil dan tidak akan terjadi kelangkaan lagi seperti sekarang.(muh)http://www.riaupos.co
Posting Komentar