Header Ads

Zulhelmy M. Hatta, Doktor Pertama Ilmu Akuntansi UIR



TajukRiau - Pekanbaru, Zulhelmy berhasil  meraih gelar doktor, setelah sukses mempertahankan disertasinya di depan dewan penguji dalam sidang terbuka di Universiti Malaya Kuala Lumpur, Malaysia, 15 Agustus lalu. ''Saya bersyukur kpd Allah swt. dan bangga  karena merupakan doktor pertama ilmu akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau, tempat saya mengajar,'' katanya.
Bagi bapak  empat anak ini, menjadi doktor pertama ilmu akuntansi adalah sebuah tantangan baru. Disertasinya  berjudul “Pengaruh Struktur Corporate Governance terhadap kualitas pelaporan keuangan Perbankan Syariah di Indonesia”.
Corporate Governance dan Islamic Accounting, merupakan sebuah terobosan. Selama ini kalangan akuntan sering kerepotan mengapa sering terjadi kebangkrutan atau kegagalan keuangan dalam korporatnya, ternyata miskinnya atau lemahnya penerapan corporate governance yang Islami merupakan faktor utamanya. Namun Desertasi Zulhelmy memberikan solusi terhadap kecenderungan seperti itu.
Dia menjelaskan, melalui pendekatan comply with syariah principles, indikator-indikator menyangkut informasi keuangan perusahaan khususnya kebangkrutan keuangan dapat segera diketahui.
Selain itu, konteks comply with syariah  akan memberi kemudahan dalam merumuskan kebijakan, kewajiban operasi, dan kewajiban finansial. Melalui metode ini risiko perusahaan bisa diukur atau diketahui kondisinya. ''Kami juga bangga dengan keberhasilan yang dicapai Zulhelmy,'' tutur Prof. Dr. H. Detri Karya MA selaku Rektor UIR dan Pak. Drs. Abrar, M.Si., Ak selaku Dekan Fakultas Ekonomi UIR.
Zulhelmy merupakan doktor yang ketiga yang dimiliki fakultas ekonomi UIR. Dia bergabung dengan UIR Pekanbaru sejak 1998, ketika itu ketua YLPI Riau adalah Pak Suman HS. Alm.  
Posting Komentar